Antara Hukum, Konspirasi dan Dosa Kasus Munir

Seksama kita ketahui bahwa kasus Munir telah terlihat titik terangnya, satu per satu orang yang terlibat dalam kasus Munir tersebut sudah terjerat hukum. Patut kita berikan apresiasi kepada orang-orang yang telah memperjuangkan kasus tersebut, dari sini juga kita dapat mengambil makna pembelajaran dalam kehidupan bernegara atas menjunjung tinggi hukum yang berlaku.

Menurut saya kasus Munir ini merupakan konspirasi sehingga apapun yang dilakukan terhadapnya merupakan kasus yang menghilangkan nyawa seseorang dengan terencana, namun perlu kita telusuri juga dasar apakah yang menyebabkan terjadinya konspirasi itu dilakukan terhadap Munir, dengan kata lain dosa apakah yang dilakukan Munir terhadap para pelaku konspirasi tersebut?

Kita tinjau para pelaku konspirasi tersebut (saya kutip dari detik.com) yaitu:
1. Pollycarpus (Pilot Garuda)
2. Rohaini Aini (Pramugari Garuda)
3. Muchdi PR (eks Deputi V BIN)
4. Indra Setiawan (eks Dirut Garuda)
5. Budi Santoso (eks Direktur BIN)
6. Hendro Priono (eks Kepala BIN)
Orang – orang tersebut bukanlah rakyat biasa, sehingga perlu kita cermati seksama.

Yang saya ketahui semasa hidup Munir (setelah reformasi 1998) tidak terdengar konflik pribadi antara Munir dengan para pelaku tersebut di atas, namun yang saya dengar adalah kritikan tajam yang dilontarkan oleh Munir terhadap Pemerintah, TNI dan Polri. Kalau memang hanya konflik pribadi terjadi ya cukup wajar pelaku-pelaku tersebut dihukum dengan sepantasnya, tetapi bila bukan konflik pribadi maka harus dapat terungkap dosa / perbuatan apa yang dilakukan oleh Munir sehingga menjadi target konspirasi tersebut.

Kasus Munir ini membuat pelajaran bagi kita dalam menyampaikan aspirasi dan kritik tajam terhadap pemerintah, dan jangan sampai kritik tajam yang kita lontarkan itu menjadi senjata ampuh bagi negara lain untuk menekan negara kita, serta kepentingan sesaat bagi kita dalam mendapatkan sesuatu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: