Asal Muasal Perbuatan Dosa

Kita banyak mengetahui tentang perbuatan dosa – dosa yang dilakukan oleh anak Adam, dan di dalam Al-Qur’an maupun banyak Hadist menceritakan perbuatan – perbuatan dosa yang dilakukan anak Adam. Ada tiga (3) hal asal muasalnya perbuatan dosa yaitu : 1. Sombong 2. Keinginan 3. Dengki

Sombong

Takutlah pada sifat sombong sebab karena kesombongan itulah Iblis tidak mau sujud pada Adam.

Dengan sombongnya iblis merasa bahwa ia lebih baik dari Adam karena Iblis diciptakan dari api sedangkan Adam dari tanah. Atas kesombongan itulah Iblis tidak taat kepada perintah Alloh untuk sujud pada Adam.

Keinginan

Takutlah pada keiginan sebab karena keinginan itulah Adam makan buah Khuldi. Dimana Adam tergoda pada rayuan Iblis yang mengatakan kalau kamu makan buah ini kamu akan kekal di Surga atau kamu akan jadi malaikat sehingga Adam merasa ingin kekal di Surga.

Dengki

Takutlah sifat dengki sebab karena dengki itulah anak Adam (Qobil) membunuh saudaranya (Habil). Dimana Qobil melihat bahwa pasangan saudaranya (Habil) lebih cantik, sehingga Qobil cemburu dan ingin memiliki pasangannya Habil.

Itulah 3 perkara asal muasalnya perbuatan dosa. demikianlah yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: